Thursday 24 September 2015

MAKALAH BAHAYA BALAP LIAR DI JALAN RAYA DAN PERJUDIAAN DI BALAP LIAR



BAHAYA BALAP LIAR DI JALAN RAYA DAN PERJUDIAAN DI BALAP LIAR

MAKALAH
Untuk memenuhi tugas matakuliah
Dasar Dasar Sosiologi
Yang dibina oleh Bapak Abdul Latif Bustami Dr., M.Si

Oleh
Muhamad Sufyan
120732436485



UNM1





UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
JURUSAN SEJARAH
PRODI ILMU SEJARAH
MEI 2013


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
rahmat serta hidayah kepada kita semua, sehingga berkat Karunia-Nya penulis
dapat menyelesaikan makalah ”BAHAYA BALAP LIAR DI JALAN RAYA DAN PERJUDIIAN DI BALAP LIAR”
Dalam penyusunan makalah ini, penulis tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih pada Dosen. Dalam penyusunan makalah ini penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri maupun kepada pembaca umumnya.















DAFTAR ISI
DAFTAR ISI..................................................................................................................             3
BAB I        PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Penulisan................................................................         4
1.2  Rumusan Masalah............................................................................         5
1.3  Tujuan Penulisan Makalah...............................................................         5
BAB II      PEMBAHASAN
      2.1 Faktor yang menyebabkan seorang ikut balap liar………...............         6
      2.2 Cara mengatasi balap liar………….................................................         6
      2.3 Dampak negatif balap liar…..…......................................................         6
      2.4 Kerugiian yang di akibatkan balap liar………………………….....         7
BAB III    WAWANCARA
BAB IV
3.1 Kesimpulan……………………………………………………….          9
3.2 Saran………………………………………………………………         9  
LAMPIRAN


BAB I
                                                               PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
           
Malam Minggu dan Minggu Sore adalah saat-saat dimana jalan Tamanan Pasuruan menjadi sebuah tempat yang ramai. Pada malam Minggu, mulai dari sekitar pukul sepuluh malam, Tamanan dipadati oleh para muda-mudi yang bermalam Minggu. Kebanyakan muda-mudi itu berasal dari luar tempat tersebut, yaitu berasal dari wilayah di sekitar Tamanan. Selain menghabiskan malam Minggu dengan pasangannya, ada juga komunitas sepeda motor yang selalu mejeng di Tamanan. Mereka sudah memiliki lokasi sendiri-sendiri untuk mejeng. Ada klub Mio, Thunder, Satria FU, Scorpio, Jupiter, Tiger, dan lain-lain. Bahkan, ada juga pecinta sepeda onthel, yang mejeng di Tamanan.
            Minggu pagi lain lagi keramaiannya. Bukan lagi muda-mudi yang menghabiskan malam minggu melainkan warga yang berolah raga pagi. Berbeda dari malam Minggu, pada Minggu pagi banyak pula warga sekitar Tamanan sendiri yang berolah raga. Selain banyak yang berolah raga, banyak pula pedagang yang berjualan pada kesempatan ini mulai dari pedagang jajanan, topi, pakaian, boneka, barang-barang plastik (semacam tupperware) sampai ke tanaman hias.
            Muda-mudi yang meramaikan malam Minggu akan kembali meramaikan jalan Tamanan  pada Minggu Sore. Akan ada lagi komunitas motor yang mejeng, pasangan muda-mudi yang berpacaran atau para jomblo yang mencari pasangan.
            Sayangnya, di samping mereka yang melakukan kegiatan positif, ada pula yang melakukan kegiatan negatif. Jalan di depan sekolah SD Tamanan II, Citra Raya, setiap Minggu Sore menjadi arena balapan liar yang dilakukan oleh anak-anak muda. Mereka, saya yakin berasal dari luar Citra Raya. Kegiatan balap liar ini sangat mengganggu ketentraman penghuni Citra Raya karena mengganggu kelancaran lalu lintas di jalur Bundaran III – Curug serta menimbulkan kerawanan dari potensi kecelakaan yang dapat ditimbulkan oleh kegiatan balap liar tersebut. Satuan Pengamanan Citra Raya tentunya mengetahui kegiatan balap liar ini karena lokasi balap liar berada di depan sekolah SD Tamanan II, Sebaiknya pihak Satuan Pengamanan Polisi lalulintas bekerja sama dengan pihak pengguna jalan lainnya untuk dapat membubarkan kegiatan balap liar yang tidak positif tersebut.Setiap sudut gang dan jalan di jaga (di kepung) agar saat polisi razia tidak ada yang lolos dan lari.



1.2 Rumusan Masalah
1.  Faktor yang menyebabkan seseorang ikut balap liar ?
2. Cara mengatasi Balap liar ?
3. Dampak negatif Balap liar ?
4. Kerugian yang diakibatkan oleh Balap liar ?


1.3 Tujuan Penulisan Makalah
Makalah ini bertujuan untuk memberi tahu dan semoga bermanfaat bagi orang yang membaca makalah ini, agar sadar para remaja dan anak muda atas bahayanya balapan liar di jalan raya.






BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Faktor yang menyebabkan seseorang ikut balap liar
            Faktor yang menyebabkan Anak muda ikut balap liar di jalan raya adalah dikarenakan mencari sensasi, mencari perhatian orang, taruhan uang, ingin di puji, iseng karena tidak ada kerjaan, sebab itulah para anak muda melakukan balapan liar.
            Ingin merasa hebat dan digumi semua orang, menunjukan bahwa dirinya adalah seorang pembalap di jalan raya yang tak pernah lelah mencari sensasi dirinya agar bias dilihat semua orang.
2.2 Cara mengatasi balap liar
            Dengan cara melakukan pengamanan di jalan, Anak muda akan berhenti balapan dan tidak menggangu pengendara lain yang bisa menyebabkan kecelakaan akibat Anak muda yang melakukan balap liar. Sebaiknya pihak kepolisian melakukan pengamanan di jalan raya dan disetiap Malam Minggu diadakan Razia Besar-besaran.
            Pihak berwajib semestinya menerapkan UUD untuk anak yang berperan di balap liar tersebut supaya mereka tau bahwa balap liar tersebut sangatlahyang tidak baik bagi dirinya sendiri maupun bagi warga yang melintas di jalan raya.
2.3 Dampak negatif balap liar
            Dampak negatif balap liar dapat mengakibatkan kecelakaan bahkan kematian bagi para Anak muda tersebut. Padahal masa depan anak muda tersebut masih panjang dan umurnya masih berusia muda.
            Merugikan orang lain yang melintas di jalan raya dan  mengakwatirkan orang tua yang ada di rumah .
2.4 Kerugian yang diakibatkan balap liar
            kerugian dari balap liar adalah rugi karena membeli bensin hanya untuk di gunakan untuk balapan liar, motor pun sia-sia karena di pakai balapan saja, merugikan orang lain yang ada di sekitar dan saatlah tidak ada gunanya mengikuti balapan tersebut.
            Mengakibatkan para remaja bisa jatuh dan tidak menjamin keselamatan dirinya, karena remaja masih panjang perjalananya untuk mencapai cita-citanya.


    
   

BAB III
WAWANCARA
1. Apa manfaat Balap liar bagi anda ?
Jawab: Manfaat yang saya dapat adalah tidak ada, balapan ini cuma buat kesenangan saya, serta     bisa menyakinkan bahwa adalah seorang pembalap yang bisa bergelut di bidang tersebut.
2. Apa keuntungan anda mengikuti balap liar tersebut ?
Jawab: Keuntungan yang saya dapat banyak sekali, bisa dilihat semua orang yang menonton balapan dan dapat bersaing dengan bengkel lain, mendapatkan uang yang cukup buat jajan dan memperbaiki mesin.
3. Mengapa anda mengikuti balap liar ketimbang balap resmi ?
Jawab: Ya, karena balap liar tidak butuh KIS ( Kartu Izin Start ) dan tidak ribet memakai baju yang resmi di gunakan, tapi saya sebenanya mau ikut tapi uang yang saya punya cukup buat balap liar saja yang ada di jalan raya.
4. Apa yang membuat anda ikut balap liar ?
Jawab: Buat senang senang saja, kayaknya balap liar itu seru. Kebanyakan teman banyak yang mendukung ikut balap liar.
5. Motor apa saja yang di gunakan untuk balap liar ?
Jawab: Banyak banget, tapi yang terutama yang di mainkan pembalap adalah Vega, Jupiter dan Mio, Karena sepeda tersebut onderdilnya sangat murah, kalau sepeda mau ganti mesin dalam lebih murah, dibandingkan Satria fu sama Ninja sangat mahal.




BAB IV
PENUTUP
                                                                                     
3.1 Kesimpulan
            Balapan liar di jalan raya akan membahayakan diri kita dan diri orang lain , akibatnya pengendara lain akan merasa terganggu apabila para anak muda balap liar di jalan raya khususnya di jalan Tamanan. Sebaiknya anak muda yang berkeinginan menjadi pembalap ikutilah balapan yang resmi menggunakan pakaian balap yang 75% lebih aman dari pada di jalan raya yang bisa mengakibatkan kematian atau kecelakaan. Orang-orang banyak yang tidak menyukai balap liar bahkan para polisi juga tidak menyukainya kita bisa berurusan dengan polisi.
3.2 Saran
Janganlah balapan liar di jalan, karena bisa membahayakan diri kalian sendiri jadilah pembalap yang resmi, ikutilah road race atau darg bike di berbagai kota, menangkanlah pertandingan tersebut dan menjadi seorang pembalap yang berbakat, yang berprestasi, gapailah cita-citamu menjadi pembalap.








LAMPIRAN
  



DAFTAR RUJUKAN

            Google, Fatimah titik , contoh makalah ,Jakarta ,23 april 2008
            Google, makalah tentang balap liar,
            Google , gambar orang balapan liar , bandung , 8 juni 2009
           
http://search.aol.com/aol/search?&query=makalah+balap+liar&invocationType=tb50ffwinampab
http://search.aol.com/aol/search?&query=balap+liar&invocationType=tb50ffwinampab


    

2 comments: